Pemberi Pakan Kucing Otomatis menggunakan NodeMCU ESP8266
PEMBERI PAKAN KUCING OTOMATIS MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266
Abstrak
Pemberi pakan kucing otomatis menggunakan NodeMCU Esp8266 sebagai
media pengolah data. Pada pembuatan alat ini menggunakan komponen-komponen yang
telah dibagi dalam tiga bagian utama yaitu masukan, pemroses dan luaran.
Komponen masukannya adalah aplikasi Blynk.
Kemudian pada bagian proses atau pengolahan data yang digunakan adalah NodeMCU
Esp8266. Pada bagian luaran yaitu menggunakan Motor Servo, DF Player, dan Pengeras
Suara. Motor servo digunakan untuk membuka dan menutup tutup pada tendon
makanan kucing. Alat yang dibuat dapat mempermudah para pemelihara kucing dalam
pemberian makan pada kucing peliharaannya.
Kata Kunci: NodeMCU Esp8266, Motor Servo, DF Player, Pengeras Suara, Blynk
Abstract ̶̶ The automatic cat feeder uses
NodeMCU Esp8266 as a data processing medium. In making this tool using
components that have been divided into three main parts, namely input,
processor and output. The input component is the Blynk. Then in the process or data processing used is NodeMCU
Esp8266. On the outside, it uses Servo Motor, DF Player, and Loudspeakers.
Servo motors are used to open and close the lids on cat food tendons. The tool
can make it easier for cat keepers in feeding their pet cats.
Keywords: NodeMCU Esp8266, Servo Motor, DF Player, Loudspeaker, Blynk
I. PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Salah satu yang
menjadi persoalan bagi pemelihara adalah saat memberi pakan untuk kucing saat pemelihara
tidak berada di rumah karena sesuatu hal yang hanya membutuhkan waktu sebentar
ataupun berhari-hari. Tentu saja ini menjadi sebuah persoalan yang cukup
memusingkan karena pikiran akan terpecah antara urusan dan persoalan kucing peliharaan di
rumah. Akibat kekhawatiran ini, bagi pemelihara yang memiliki kucing terkadang
harus mencari tempat penitipan dan terkadang juga menitipkan kucing-kucingnya ke kerabat
terdekat hanya untuk mengurus persoalan pemberian pakannya. Tentu ini
sangat merepotkan bagi beberapa orang yang benar-benar sibuk dalam
kesehariannya.
Masalah ini membuat banyak orang menjadi ragu-ragu untuk memelihara
kucing peliharaan di rumah. Untuk mengatasi masalah ini maka diciptakanlah
alat yang akan membantu
para pecinta
kucing peliharaan. Alat ini dapat memberi pakan kucing peliharaan secara otomatis. Sehingga pemilik peliharaan yang sering berada jauh dari
peliharaannya atau sedang sibuk tidak akan khawatir lagi tentang
pemberian pakan untuk kucing kesayangannya.
1.2 Rumusan
Masalah
Dari identifikasi
yang ada, dapat ditarik beberapa rumusan masalah, yaitu:
1. Bagaimana cara membuat alat pemberi pakan pada kucing?
2. Bagaimana cara kerja alat pemberi
pakan kucing otomatis?
3. Apa kegunaan alat pemberi pakan kucing otomatis?
1.3 Tujuan
Adapun
tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan proyek Arduino ini adalah sebagai
berikut:
1. Dapat merangkai rangkaian &
menyambungkan rangkaian ke mikrokontroler.
2. Dapat menjelaskan fungsi dari setiap
komponen yang di gunakan.
3. Dapat membuat program untuk menjalankan alat yang sudah dibuat.
4. Dapat menggunakan alat yang dibuat secara baik dan benar.
II. TINJAUAN PUSTAKA
Penjelasan dan uraian teori penunjang yang digunakan dalam membuat alat
ini diperlukan untuk mempermudah pemahaman tentang cara kerja rangkaian maupun
dasar-dasar perencanaan alat.
2.1 NodeMCU Esp8266
Gambar
2.1 NodeMCU Esp8266
NodeMCU adalah sebuah
platform IoT yang bersifat opensource. Terdiri dari perangkat keras berupa
System On Chip ESP8266 dari ESP8266 buatan Esperessif
System. NodeMCU bisa dianalogikaan sebagai board arduino yang terkoneksi dengan
ESP8622. NodeMCU telah me-package ESP8266 ke dalam sebuah board yang sudah
terintergrasi dengan berbagai feature selayaknya microkontroler dan kapalitas
ases terhadap wifi dan juga chip komunikasi yang berupa USB to serial. Sehingga
dalam pemograman hanya dibutuhkan kabel data USB.
2.2 Motor Servo
Gambar
2.2 Motor Servo
Motor
servo adalah sebuah motor DC dengan sistem tertutup di mana posisi rotor-nya
akan diinformasikan kembali ke rangkaian kontrol yang ada di dalam motor servo.
Motor ini terdiri dari sebuah motor DC, serangkaian gigi (gear),
potensiometer, dan rangkaian kontrol. Potensiometer berfungsi untuk menentukan
batas sudut dari putaran servo. Sedangkan sudut dari sumbu motor servo diatur
berdasarkan lebar pulsa yang dikirim melalui kaki sinyal dari kabel motor
servo. Pada dasarnya dibuat menggunakan motor DC yang dilengkapi dengan
kontroler dan sensor posisi sehingga dapat memiliki gerakan 0 derajat, 90
derajat dan 180 derajat.
2.3 DF Player
Gambar
2.3 Modul DF Player
DF
Player adalah modul audio sederhana berfungsi untuk mentransmisikan file audio dari
SD Card ke mikrokontroller Arduino. DF Player ini juga bisa berdiri sendiri hanya
dengan dipasangnya baterai, speaker dan tombol.
2.4 Speaker
Gambar 2.4 Speaker
Speaker merupakan sebuah perangkat keras atau hardware yang mengubah sinyal elektrik atau listrik menjadi frekuensi suara dengan jalan memberikan getaran pada komponennya yang berupa membran.
2.5 Aplikasi Blynk
Gambar 2.5 Aplikasi Blynk
Aplikasi
Blynk merupakan platform aplikasi yang dapat diunduh secara gratis
untuk iOS dan Android yang berfungsi mengontrol Arduino, Raspberry Pi dan
sejenisnya melalui Internet. Blynk
dirancang untuk Internet of Things
dengan tujuan dapat mengontrol hardware
dari jarak jauh, dapat menampilkan data sensor,
dapat menyimpan data, visual dan melakukan banyak hal canggih lainnya. Ada tiga
komponen utama dalam platform yaitu Blynk
App, Blynk Server, dan Blynk Library.
III. PERANCANGAN ALAT
3.1 Perangkat
Keras dan Rangkaian Elektronika
Komponen yang digunakan dalam pembuatan alat Pemberi
Pakan Kucing Otomatis menggunakan NodeMCU Esp8266 ini diantaranya:
1.
NodeMCU
Esp8266
2.
Motor
Servo
3.
DF
Player
4.
Pengeras
Suara
5.
Aplikasi
Blynk
3.2
Diagram Blok
Gambar
3.1 Diagram Blok
3.3 Diagram
Alir
Gambar
3.2 Diagram Alir
3.4 Gambar
Rangkaian
Gambar 3.3 Gambar Rangkaian
3.5
Diagram Pengawatan
Gambar 3.4 Diagram Pengawatan
3.6 Cara Kerja
Alat
Alat pemberi pakan kucing ini bekerja berdasarkan waktu yang sudah
disetting pada aplikasi Blynk. Saat sudah pada waktunya, maka servo akan
terbuka secara otomatis lalu pakan kucing akan keluar. Pada aplikasi blynk terdapat 3 tombol. Tombol 1 bekerja
membuka servo selama 3 detik, tombol 2 bekerja membuka servo selama 5 detik,
dan tombol 3 bekerja membuka servo selama 7 detik. Tombol ini dapat membedakan
pakan kucing yang akan keluar. Tombol 1 makan kecil, tombol 2 makan sedang, dan
tombol 3 makan besar. Sehingga pemilik kucing juga dapat membuka servo secara
manuat dengan adanya tombol ini.
3.7 Pembuatan Alat
Dalam pembuatan alat ini dapat
dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu:
1.
Membuat perencanaan bagan dari alat
tersebut.
2.
Membuat diagram pengawatan.
3.
Menyusun rangkaian sesuai diagram
pengawatan.
4.
Membuat program pada Arduino IDE.
5.
Pembuatan kerangka alat.
6.
Pemasangan rangkaian pada kerangka
alat.
7. Pengujian akhir pada kerangka alat.
IV. PERANCANGAN MEKANIK
Pada alat ini kami menggunakan box arduino sebagai tempat untuk meletakkan komponen-komponen yang digunakan dan botol plastik untuk membuat ruangan simulasi.
Gambar
4.1 Penampakan Alat dari Depan
Gambar
4.2 Penampakan Alat dari Belakang
Gambar 4.3 Penampakan Alat dari Atas
V. PENGUJIAN ALAT
Dalam proyek
yang kami buat, perlu adanya pengujian untuk menentukan kesesuaian alat dengan
prinsip kerjanya. Adapun langkah-langkah cara pengujian yang akan kami lakukan
adalah sebagai berikut:
1. Mengunggah program ke alat yang dibuat, apakah sudah
sesuai dengan yang diinginkan apa belum.
2. Menguji alat sesuai cara kerja.
VI. KESIMPULAN
Setelah melakukan pembuatan alat ini, maka didapatkan kesimpulan yaitu sebagai berikut:
1. Pemberi
pakan kucing peliharaan otomatis ini sangat berguna
bagi pemilik kucing peliharaan yang sibuk dan sering keluar
rumah untuk menyelesaikan pekerjaan.
2. Pemberian pakan kucing dapat dimudahkan dengan adanya
alat ini, karena alat ini sudah bekerja secara otomatis. Sehingga pada jam-jam
tertentu pakan akan keluar dengan sendirinya.
3. Dalam perancangan alat pemberi pakan kucing otomatis ini juga
dapat dilakukan secara manual dengan cara menekan tombol pada aplikasi Blynk.
VII. DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Naufal Mumtaz. 2021. “Otomatisasi Pemberian Makanan Kucing Jarak Jauh berbasis Internet of
Things menggunakan Protokol Websocket Mikrokontroler ESP32”
Regar Devitasari, Kurnia Paranita Kartika. 2020.”Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Kucing
Otomatis menggunakan Mikrokontroler Nodemcu berbasis Internet of Things (IoT)”
Habillah Abbas, Kusnadi Kusnadi, Wanda Ilham, Suhadi Parman.
2021. “Sistem
Kendali Alat Pemberi Pakan Kucing Otomatis menggunakan Modul NodeMCU”
LAMPIRAN
1. Jurnal, klik disini
2. Program Arduino IDE, klik disini
3. Diagram Blok, klik disini
4. Diagram Alir, klik disini
5. Gambar Rangkaian, klik disini
6. Diagram Pengawatan, klik disini
7. PPT, klik disini
8. Video Demonstrasi
BIODATA PENULIS
1. Alfi’ah Ridha Rahmadhani
Nama penulis Alfi’ah Ridha Rahmadhani. Penulis dilahirkan di Sukoharjo, 19 Desember 2000. Penulis telah menempuh pendidikan formal di SD Negeri Jetis 1 Sukoharjo, SMP Negeri 1 Sukoharjo dan SMA Negeri 1 Sukoharjo. Tahun 2019 penulis telah menyelesaikan pendidikan SMA. Pada tahun 2019 penulis mengikuti seleksi mahasiswa baru diploma (D3) dan diterima menjadi mahasiswa baru diploma (D3) di kampus Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan Program Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Penulis terdaftar dengan NIM 3.32.19.1.01. Apabila ada kritik dan saran yang membangun mengenai penelitian ini, bisa menghubungi melalui email alfiah.arr@gmail.com
2. Muhammad Alif Zidan
Nama penulis Muhammad Alif Zidan. Penulis dilahirkan di Demak, 1 Juni 2000. Penulis telah menempuh pendidikan formal di SD Palebon 03 Semarang, SMP Negeri 15 Semarang dan SMA Kesatrian 2 Semarang. Tahun 2019 penulis telah menyelesaikan pendidikan SMA. Pada tahun 2019 penulis mengikuti seleksi mahasiswa baru diploma (D3) dan diterima menjadi mahasiswa baru diploma (D3) di kampus Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan Program Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Penulis terdaftar dengan NIM 3.32.19.1.18. Apabila ada kritik dan saran yang membangun mengenai penelitian ini, bisa menghubungi melalui email malifzidan@gmail.com
0 Response to "Pemberi Pakan Kucing Otomatis menggunakan NodeMCU ESP8266"
Posting Komentar