Pemberi Pakan Kucing Otomatis menggunakan NodeMCU ESP8266

PEMBERI PAKAN KUCING OTOMATIS MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266

Alfi’ah Ridha Rahmadhani1, Muhammad Alif Zidan2, Samuel BETA3
Prodi Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. H. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, 50275

Abstrak

Pemberi pakan kucing otomatis menggunakan NodeMCU Esp8266 sebagai media pengolah data. Pada pembuatan alat ini menggunakan komponen-komponen yang telah dibagi dalam tiga bagian utama yaitu masukan, pemroses dan luaran. Komponen masukannya adalah aplikasi Blynk. Kemudian pada bagian proses atau pengolahan data yang digunakan adalah NodeMCU Esp8266. Pada bagian luaran yaitu menggunakan Motor Servo, DF Player, dan Pengeras Suara. Motor servo digunakan untuk membuka dan menutup tutup pada tendon makanan kucing. Alat yang dibuat dapat mempermudah para pemelihara kucing dalam pemberian makan pada kucing peliharaannya.

Kata Kunci: NodeMCU Esp8266, Motor Servo, DF Player, Pengeras Suara, Blynk


Abstract ̶̶  The automatic cat feeder uses NodeMCU Esp8266 as a data processing medium. In making this tool using components that have been divided into three main parts, namely input, processor and output. The input component is the Blynk. Then in the process or data processing used is NodeMCU Esp8266. On the outside, it uses Servo Motor, DF Player, and Loudspeakers. Servo motors are used to open and close the lids on cat food tendons. The tool can make it easier for cat keepers in feeding their pet cats.

Keywords: NodeMCU Esp8266, Servo Motor, DF Player, Loudspeaker, Blynk


I. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Salah satu yang menjadi persoalan bagi pemelihara adalah saat memberi pakan untuk kucing saat pemelihara tidak berada di rumah karena sesuatu hal yang hanya membutuhkan waktu sebentar ataupun berhari-hari. Tentu saja ini menjadi sebuah persoalan yang cukup memusingkan karena pikiran akan terpecah antara urusan dan persoalan kucing peliharaan di rumah. Akibat kekhawatiran ini, bagi pemelihara yang memiliki kucing terkadang harus mencari tempat penitipan dan terkadang juga menitipkan kucing-kucingnya ke kerabat terdekat hanya untuk mengurus persoalan pemberian pakannya. Tentu ini sangat merepotkan bagi beberapa orang yang benar-benar sibuk dalam kesehariannya.

Masalah ini membuat banyak orang menjadi ragu-ragu untuk memelihara kucing peliharaan di rumah. Untuk mengatasi masalah ini maka diciptakanlah alat yang akan membantu para pecinta kucing peliharaan. Alat ini dapat memberi pakan kucing peliharaan secara otomatis. Sehingga pemilik peliharaan yang sering berada jauh dari peliharaannya atau sedang sibuk tidak akan khawatir lagi tentang pemberian pakan untuk kucing kesayangannya.

 

1.2 Rumusan Masalah

Dari identifikasi yang ada, dapat ditarik beberapa rumusan masalah, yaitu:

1. Bagaimana cara membuat alat pemberi pakan pada kucing?

2. Bagaimana cara kerja alat pemberi pakan kucing otomatis?

3. Apa kegunaan alat pemberi pakan kucing otomatis?


1.3 Tujuan

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan proyek Arduino ini adalah sebagai berikut:

1. Dapat merangkai rangkaian & menyambungkan rangkaian ke mikrokontroler.

2. Dapat menjelaskan fungsi dari setiap komponen yang di gunakan.

3. Dapat membuat program untuk menjalankan alat yang sudah dibuat.

4. Dapat menggunakan alat yang dibuat secara baik dan benar.


II. TINJAUAN PUSTAKA

Penjelasan dan uraian teori penunjang yang digunakan dalam membuat alat ini diperlukan untuk mempermudah pemahaman tentang cara kerja rangkaian maupun dasar-dasar perencanaan alat.

2.1 NodeMCU Esp8266

Gambar 2.1 NodeMCU Esp8266

NodeMCU adalah sebuah platform IoT yang bersifat opensource. Terdiri dari perangkat keras berupa System On Chip ESP8266 dari ESP8266 buatan Esperessif System. NodeMCU bisa dianalogikaan sebagai board arduino yang terkoneksi dengan ESP8622. NodeMCU telah me-package ESP8266 ke dalam sebuah board yang sudah terintergrasi dengan berbagai feature selayaknya microkontroler dan kapalitas ases terhadap wifi dan juga chip komunikasi yang berupa USB to serial. Sehingga dalam pemograman hanya dibutuhkan kabel data USB.


2.2 Motor Servo

Gambar 2.2 Motor Servo

Motor servo adalah sebuah motor DC dengan sistem tertutup di mana posisi rotor-nya akan diinformasikan kembali ke rangkaian kontrol yang ada di dalam motor servo. Motor ini terdiri dari sebuah motor DC, serangkaian gigi (gear), potensiometer, dan rangkaian kontrol. Potensiometer berfungsi untuk menentukan batas sudut dari putaran servo. Sedangkan sudut dari sumbu motor servo diatur berdasarkan lebar pulsa yang dikirim melalui kaki sinyal dari kabel motor servo. Pada dasarnya dibuat menggunakan motor DC yang dilengkapi dengan kontroler dan sensor posisi sehingga dapat memiliki gerakan 0 derajat, 90 derajat dan 180 derajat.

 

2.3 DF Player

Gambar 2.3 Modul DF Player

DF Player adalah modul audio sederhana berfungsi untuk mentransmisikan file audio dari SD Card ke mikrokontroller Arduino. DF Player ini juga bisa berdiri sendiri hanya dengan dipasangnya baterai, speaker dan tombol.

 

2.4 Speaker

Gambar 2.4 Speaker

Speaker merupakan sebuah perangkat keras atau hardware yang mengubah sinyal elektrik atau listrik menjadi frekuensi suara dengan jalan memberikan getaran pada komponennya yang berupa membran.


2.5 Aplikasi Blynk

Gambar 2.5 Aplikasi Blynk

Aplikasi Blynk merupakan platform aplikasi yang dapat diunduh secara gratis untuk iOS dan Android yang berfungsi mengontrol Arduino, Raspberry Pi dan sejenisnya melalui Internet. Blynk dirancang untuk Internet of Things dengan tujuan dapat mengontrol hardware dari jarak jauh, dapat menampilkan data sensor, dapat menyimpan data, visual dan melakukan banyak hal canggih lainnya. Ada tiga komponen utama dalam platform yaitu Blynk App, Blynk Server, dan Blynk Library.


III. PERANCANGAN ALAT

3.1 Perangkat Keras dan Rangkaian Elektronika 

Komponen yang digunakan dalam pembuatan alat Pemberi Pakan Kucing Otomatis menggunakan NodeMCU Esp8266 ini diantaranya:

1.      NodeMCU Esp8266

2.      Motor Servo

3.      DF Player

4.      Pengeras Suara

5.      Aplikasi Blynk

 

3.2 Diagram Blok

Gambar 3.1 Diagram Blok

 

3.3 Diagram Alir  

Gambar 3.2 Diagram Alir

 

3.4 Gambar Rangkaian

Gambar 3.3 Gambar Rangkaian

 

3.5 Diagram Pengawatan

Gambar 3.4 Diagram Pengawatan

 

3.6 Cara Kerja Alat

Alat pemberi pakan kucing ini bekerja berdasarkan waktu yang sudah disetting pada aplikasi Blynk. Saat sudah pada waktunya, maka servo akan terbuka secara otomatis lalu pakan kucing akan keluar. Pada aplikasi blynk terdapat 3 tombol. Tombol 1 bekerja membuka servo selama 3 detik, tombol 2 bekerja membuka servo selama 5 detik, dan tombol 3 bekerja membuka servo selama 7 detik. Tombol ini dapat membedakan pakan kucing yang akan keluar. Tombol 1 makan kecil, tombol 2 makan sedang, dan tombol 3 makan besar. Sehingga pemilik kucing juga dapat membuka servo secara manuat dengan adanya tombol ini. 


3.7 Pembuatan Alat

Dalam pembuatan alat ini dapat dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu:

1.      Membuat perencanaan bagan dari alat tersebut.

2.      Membuat diagram pengawatan.

3.      Menyusun rangkaian sesuai diagram pengawatan.

4.      Membuat program pada Arduino IDE.

5.      Pembuatan kerangka alat.

6.      Pemasangan rangkaian pada kerangka alat.

7.      Pengujian akhir pada kerangka alat.


IV. PERANCANGAN MEKANIK

Pada alat ini kami menggunakan box arduino sebagai tempat untuk meletakkan komponen-komponen yang digunakan dan botol plastik untuk membuat ruangan simulasi.

Gambar 4.1 Penampakan Alat dari Depan

 

Gambar 4.2 Penampakan Alat dari Belakang

 

Gambar 4.3 Penampakan Alat dari Atas


V. PENGUJIAN ALAT

Dalam proyek yang kami buat, perlu adanya pengujian untuk menentukan kesesuaian alat dengan prinsip kerjanya. Adapun langkah-langkah cara pengujian yang akan kami lakukan adalah sebagai berikut:

1.  Mengunggah program ke alat yang dibuat, apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan apa belum.

2.  Menguji alat sesuai cara kerja.


VI. KESIMPULAN

Setelah melakukan pembuatan alat ini, maka didapatkan kesimpulan yaitu sebagai berikut:

1.  Pemberi pakan kucing peliharaan otomatis ini sangat berguna bagi pemilik kucing peliharaan yang sibuk dan sering keluar rumah untuk menyelesaikan pekerjaan.

2.  Pemberian pakan kucing dapat dimudahkan dengan adanya alat ini, karena alat ini sudah bekerja secara otomatis. Sehingga pada jam-jam tertentu pakan akan keluar dengan sendirinya.

3.   Dalam perancangan alat pemberi pakan kucing otomatis ini juga dapat dilakukan secara manual dengan cara menekan tombol pada aplikasi Blynk.


VII. DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Naufal Mumtaz. 2021. “Otomatisasi Pemberian Makanan Kucing Jarak Jauh berbasis Internet of Things menggunakan Protokol Websocket Mikrokontroler ESP32”

Regar Devitasari, Kurnia Paranita Kartika. 2020.”Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Kucing Otomatis menggunakan Mikrokontroler Nodemcu berbasis Internet of Things (IoT)

Habillah Abbas, Kusnadi Kusnadi, Wanda Ilham, Suhadi Parman. 2021. “Sistem Kendali Alat Pemberi Pakan Kucing Otomatis menggunakan Modul NodeMCU”


LAMPIRAN

1. Jurnal, klik disini

2. Program Arduino IDE, klik disini

3. Diagram Blok, klik disini

4. Diagram Alir, klik disini

5. Gambar Rangkaian, klik disini

6. Diagram Pengawatan, klik disini

7. PPT, klik disini

8. Video Demonstrasi






BIODATA PENULIS

1. Alfi’ah Ridha Rahmadhani

Nama penulis Alfi’ah Ridha Rahmadhani. Penulis dilahirkan di Sukoharjo, 19 Desember 2000. Penulis telah menempuh pendidikan formal di SD Negeri Jetis 1 Sukoharjo, SMP Negeri 1 Sukoharjo dan SMA Negeri 1 Sukoharjo. Tahun 2019 penulis telah menyelesaikan pendidikan SMA. Pada tahun 2019 penulis mengikuti seleksi mahasiswa baru diploma (D3) dan diterima menjadi mahasiswa baru diploma (D3) di kampus Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan Program Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Penulis terdaftar dengan NIM 3.32.19.1.01. Apabila ada kritik dan saran yang membangun mengenai penelitian ini, bisa menghubungi melalui email alfiah.arr@gmail.com


2. Muhammad Alif Zidan

Nama penulis Muhammad Alif Zidan. Penulis dilahirkan di Demak, 1 Juni 2000. Penulis telah menempuh pendidikan formal di SD Palebon 03 Semarang, SMP Negeri 15 Semarang dan SMA Kesatrian 2 Semarang. Tahun 2019 penulis telah menyelesaikan pendidikan SMA. Pada tahun 2019 penulis mengikuti seleksi mahasiswa baru diploma (D3) dan diterima menjadi mahasiswa baru diploma (D3) di kampus Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan Program Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Penulis terdaftar dengan NIM 3.32.19.1.18. Apabila ada kritik dan saran yang membangun mengenai penelitian ini, bisa menghubungi melalui email malifzidan@gmail.com



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemberi Pakan Kucing Otomatis menggunakan NodeMCU ESP8266"

Posting Komentar